Berita dan Informasi

Dapatkan berita, informasi dan artikel seputar anak berkebutuhan khusus dan psikologi

Tempat Praktek Psikolog Anak

Tempat Praktek Psikolog Anak

Tempat Praktek Psikolog Anak

Melihat tumbuh kembang anak tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi orang tua, karena di setiap usianya orang tua akan melihat proses perkembangan yang berbeda – beda sesuai tehapan usia dari si anak. Namun apa jadinya jika pada usia tertentu perkembangan anak anda terhambat karena suatu gangguan yang menyebabkan terhambatnya proses tumbuh kembang anak.

Adanya gangguan yang terjadi pada anak, akan berakibat terhambatnya proses dalam tumbuh kembang anak seperti gangguan pada bicara anak yang mengakibatkan anak akan mengalami keterlambatan untuk bicara, atau juga gangguan lainnya seperti autisme atau down syndrome, yang mana hal ini akan mengakibatkan terhambatnya suatu proses tumbuh kembang anak dari berbagai sisi.

Untuk meminimalisir hal ini maka ada baiknya jika anda para orang tua melihat ada tanda – tanda atau merasa anda perlu mengetahui apakah anak anda mengalami gangguan atau tidak, maka ada baiknya anda membawa anak anda ke klinik tumbuh kembang anak untuk memeriksakan anak anda dan mengetahui apakah anak anda mengalami gangguan yang adapat menghambat pertumbuhannnya atau tidak. adabaiknya jika memerikasakan gangguan tumbuh kembang pada anak dilakukan ketika anak dalam masa emas yaitu saat anak berusia 0 – 3 tahun, hal ini dikarenakan semaikn dini anak di periksakan maka semakin cepat juga proses penyembuhan yang akan anak anda terima.

Gangguan yang dapat menghambat pertumbuhan anak dan perlu diperiksakan di klinik tumbuh kembang anak, yaitu seperti autisme, keterlambatan bicara, anak – anak yang mengalami masalah pada behaviournya,  ADHD, cerebral palsy, down syndrome, anak yang mengalami masalah pada konsentrasi dan kesulitan pada belajar dan juga anak yang mengalami mental retardasi.

Disini kami akan jelaskan sedikit tentang gangguan – gangguan yang  terjadi pada anak yang dapat mengakibatkan terhambatnya  tumbuh kembang anak anda.

  1. Autisme

Autisme adalah salah satu gangguan perkembangan pada fungsi otak anak yang meliputi gangguan kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi, dan gangguan interaksi sosial. Hal ini dapat kita lihat ketika anak selalu merasa asik dengan suatu hal yang sedang anak mainkan tanpa menghiraukan orang – orang di sekelilingnya, jika anak merasa kegiatannya terganggua maka anak akan langsung marah karena terganggu, anak penderita autis juga akan mengalami keterlambatan bicara yang dapat menghambat anak untuk bersosialisasi sehingga anak dapat menjadi anak yang anti sosial. Autisme sebenarnya masih dapat Hal tersebut tentu dapat berakibat fatal jika didiamkan terlalu lama, oleh karena itu ada baiknya orang tua membawa anaknya ke klinik tumbuh kembang anak jika mendapati ciri – ciri pada anak anda seperti berikut :

  • terlalu sensitif atau bahkan tidak merespon sama sekali dengan sentuhan
  • terlambat bicara atau dapat berbicara namun tidak dengan kosa kata yang baik
  • susah bergaul dengan anak yang seumuran dengannya
  • susah untuk merubah rutinitasnya
  • tidak peka terhadap ancaman yang akan terjadi pada dirinya sendiri, dan
  • menyakiti diri sendiri
  1. Speech Delay ( Terlambat Bicara)

Speech delay sebenarnya adalah salah satu gangguan yang sangat fatal jika terjadi pada anak, namun kebanyakan orang tua masih suka mengacuhkan atau selalu mengganggap remeh jika anak mereka masih belum dapat berbicara padahal usianya sudah melebihi batas usia dari anak yang seharusnya sudah dapat berbicara normal. Orang tua yang memiliki anak yang mengalami speech delay mungkin sempat diliputi rasa khawatir kenapa anaknya belum dapat berbicara, namun jika merak bertanya dengan orang yang tidak tepat, mungkin hanya jawaban klise yang akan mereka dapat seperti contoh :

 

Ibu A : “Kenapa ya kok anak saya udah umur 2 tahun masih belum bisa ngomong?”

Ibu B : “Ahh… gak usah terlalu di pikirin bu, nanti juga lama – lama juga ngomong sendiri, tuh liat anak saya, dulu juga beigut, tapi sekarang udah lancar banget ngomongnya”

Ibu A : “Oh iya ya bu”

 

Kasus seperti diatas yang dapat menyebabkan orang tua tidak waspada dengan keadaan anak – anak mereka, seharusnya jika memang orang tua merasa ada yang ganjil terhadap anak anda, ada baiknya untuk membawa atau memeriksakan anak anda ke klinik tumbuh kembang anak, karena dengan begitu maka anak anda akan dapat penanganan yang maksimal dari klinik tumbuh kembang anak sehingga anak anda dapat kembali berbicara seperti anak – anak lainnya. Perlu diingat bagi orang tua sekalian semakin cepat penanganannya maka semakin cepat proses penyembuhannya.

 

  1. Down Syndrome

Fenomena down syndrome yang banyak terjadi pada anak – anak tentu memerlukan perhatian khusus dari anda para orang tua yang akan mempunyai anak atau telah memiliki anak down syndrome. Berikut ini akan sedikit dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi orang tua apakah anak anda mengalami down syndrome atau tidak.

 

Anak – anak yang mengidap down syndriome biasanya memiliki beberapa ciri, yaitu :

–          otot-otot yang lemah, atau sering disebut floppy baby

–          wajah datar, dengan mata yang agak miring ke atas serta dahi lebar

–          hidung pendek (pesek)

–          lidah tebal dengan mulut kecil (akibatnya mulut bayi menganga dengan lidah menjulur keluar)

–          telinga kecil dan letaknya agak rendah

–          leher yang lebih lebar dari ukuran normal

–          telapak tangan hanya mempunyai satu garis tangan (kadang-kadang)

–          jari-jari tangan pendek dan jari kelingking hanya ada dua ruas dan melengkung ke dalam

–          ada jarak lebar antara jempol dan jari yang berdekatan (jempol dan jari telunjuk), baik pada kaki (sandal gap) maupun tangan

–          rambut tipis dan jarang

 

Anak yang mengidap down syndrome biasanya mengalami berbagai macam kesulitan seperti, keterlambatan bicara, perilaku dan kesulitan untuk bersosialisasi, untuk itu ada baiknya membawa anak anda ke klinik tumbuh kembang anak untuk diberikan terapi untuk menunjang kesulitan yang biasanya anak down syndrome alami.

  1. Cerebral Palsy

Cerebral Palsy adalah salah satu gangguan yang mempengaruhi sel – sel otak pada anak yang dapat mengakibatkan terganggunya fungsi otak dan sel – sel pada otak yang dapat menghambat sistem saraf seperti gangguan bicara, kesulitan bergerak, pendengaran, penglihatan dan juga pemikiran. Cerebral palsy dapat terjadi karena disebabkan oleh luka atau cacat yang terjadi pada otak dan sebagian besar gangguan ini terjadi pada saat ketika masih bayi.

Cedera pada bayi dapat terjadi dikarenakan terjadinya kekurangan oksigen ketika dalam kandungan atau lahir dengan keadaan prematur. Hal ini jika dibiarkan terlalu lama terjadi pada anak anda, maka akan berdampak sangat parah, anak anda tidak akan bisa melakukan aktifitas layaknya anak – anak normal lainnya, oleh karena itu anak yang mengidap cerebral palsy, ada baiknya membawa anak anda ke klinik tumbuh kembang anak dan diberikan terapi, seperti terapi okupasi, fisioterapi, terapi wicara, terapi sensori integrasi dan lain – lain.

Pemberian terapi bagi anak pengidap cerebral palsy berguna untuk melatih berbagai macam gangguan yang dialami oleh anak yang mengidap cerebral palsy sehingga anak dapat lebih mandiri dalam melakukan aktifitasnya.

Begitu banyaknya Tempat Praktek Psikolog Anak yang didirikan, sehingga membuat bingung

Salah satu tempat praktek psikolog anak yang terpercaya karena telah berdiri lebih dari 13 tahun menangani masalah untuk anak – anak berkebutuhan khusus adalah AMG Clinic. Hubungi kami Tempat Praktek Psikolog Anak

0851 0140 3939

(Customer Service)

0853 7430 3939

(Divisi Home Visit)

Jalan Mesjid Bendungan

RT.02/07 No.28a

Dewi Sartika, Cawang

Jakarta Timur

Tempat Praktek Psikolog Anak yang dapat Anda datangi untuk memeriksakan berbagai macam gangguan yang anak Anda alami, AMG Clinic juga melayani Terapi Home Visit bagi Anda orang tua yang tidak sempat mengantar anak Anda ke AMG Clinic untuk melakukan terapi.